Makalah Strategi bersaing dalam berwirausaha
Strategi bersaing dalam berwirausaha
Makalah
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliahKewirausahan yang diampu
oleh IbuRabi’ah, M. Pd.
Oleh :
Kelompok 11
Agus Wahyudi ( 18381031016 )
Sahril Gunawan ( 18381031154 )
Sapu’ie (18381031157)
Safani Intan Rosania (18381032152)
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
2020
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum.wr.wb.
Segala puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat taufik serta Hidayahnya kami dapat menyelesaikan tugas Makalah Belajar dan Pembelajaran tentang Srategis Bersaing dalam Berwirausaha. Serta tak lupa sholawat salam selalu mengalir pada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kebodohan menuju alam pengetahuan seperti yang dapat kita rasakan saat ini.
Disini kami menyadari dalam penyelesaian tugas makalah ini tidak terlepas dari bantuan pihak-pihak yang mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan masalah tugas ini, oleh karena itu kami mengucapkan banyak terimaksih Kepada Ibu Rabi’ah, M. Pd. sebagai dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan.
Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan dengan tangan terbuka untuk menuju pada kesempurnaan makalah ini kedepannya.Semoga tugas makalah tentang Strategis Bersaing dalam Berwirausaha ini member manfaat sebagaimana yang di harapkan bersama Amin.
Waalaikumussalamwr.wb.
Pamekasan, 10 April 2020
Penyusun
Daftar Isi
A. Pengertian Strategis bersaing berwirausaha 6
C. Produk (barang dan jasa) yang dipersaingkan dalam berwirausaha 7
D. Strategis pengembangan usaha 8
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Munculnya persaingan dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka wirausahawan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam perusahaan yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup usaha. Untuk itu setiap wirausaha dituntut untuk selalu mengerti dan memahaini apa yang terjadi dipasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di lingkungan bisnis sehingga mampu bersaing dengan dunia bisnis lainnya dan berupaya untuk menimalisasi kelemahan-kelemahan dan memaksimalkan kekuatan yang diiniliki.
Dengan deinikian para wirausaha dituntut untuk meinilih dan menetapkan strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan. Dengan adanya tekanan persaingan begitu ketat, baik secara langsung atau tidak langsung sangat mempengaruhi kinerja organisasi bisnis baik dalam hal teknologi, kebutuhan pelanggan dan siklus produk. Pada saat kondisi seperti itulah sangat diperlukan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan maupun langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan usahanya tersebut. Strategi bersaing juga diperlukan teknik atau cara-cara yang akan dilakukan untuk pengembangan usaha.
Didalam berwirausaha juga ada beberapa aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan. Diantaranya aspek modal, pengelolan maupun pemasaran. Modal bisa di dapat dari berbagai cara inisalnya dengan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan pinjaman. Oleh karena itu dibutuhkan juga suatu keinitraan atau hubungan sosial yang baik dalam berwirausaha. Karena terkadang dalam berwirausaha kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang, sumber daya, maupun kreatifitas.
Rumusan Masalah
Apa pengertian strategis bersaing berwirausahaan?
Apa keunggulan bersaing?
Produk (barang dan jasa) yang dipersaingkan dalam berwirausaha?
Apa saja strategis pengembangan usaha?
Tujuan
Untuk mengetahui pengertian strategis bersaing berwirausahaan
Untuk mengetahui keunggulan bersaing
Untuk mengetahui Produk (barang dan jasa) yang dipersaingkan dalam berwirausaha?
Untuk mengetahui strategis pengembangan usaha
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Strategis bersaing berwirausaha
Strategi adalah cara terbaik untuk mencapai suatu sasaran atau untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Pada awalnya konsep strategi (strategy) didefinisikan sebagai cara untuk mencapai tujuan (ways to achieve ends).
Strategi bersaing adalah mengembangkan rencana mengenai bagaimana bisnis akan bersaing, apa yang seharusnya menjadi tujuannya dan kebijakan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Definisi Competitive Marketing Strategy atau strategi bersaing adalah kombinasi antara akhir (tujuan) yang diperjuangkan oleh perusahaan dengan alat (kebijaksanaan) dan perusahaan berusaha sampai kesana.
Pokok perumusan strategi bersaing yaitu menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya, walaupun lingkungan yang relevan sangat luas, meliputi kekuatan-kekuatan sosial dan ekonomi. Aspek utama dari lingkungan perusahaan adalah industri perusahaan tersebut dapat bersaing. Tujuan strategi bersaing untuk suatu unit usaha dalam sebuah industri salah satunya menemukan posisi dalam industri tersebut dimana perusahaan dapat melindungi diri sendiri dengan sebaik-baiknya terhadap tekanan (daya) persaingan atau dapat mempengaruhi tekanan tersebut secara positif.
Rivalitas dikalangan pesaing yang ada berbentuk perlombaan untuk mendapatkan posisi dengan menggunakan taktik seperti persaingan harga, perang iklan, memberikan hadiah, introduksi produk dan meningkatkan pelayanan atau jaminan kepada pelanggan. Persaingan terjadi karena satu atau lebih pesaing merasakan adanya tekanan atau melihat peluang untuk memperbaiki posisi bersaingnya.
Keunggulan bersaing
Keunggulan daya saing dapat juga diperoleh dengan berbagai cara, antara lain dengan menawarkan produk atau jasa dengan harga minimum, menawarkan produk atau jasa dengan yang memiliki keunikan dibanding pesaingnya, atau memfokuskan diri pada segmen tertentu. Banyak ahli yang mengemukakan perlunya berbagai strategi yang harus ditempuh agar perusahaan mempunyai keunggulan daya saing. Hal itu sangat dipengaruhi oleh sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan. Beberapa strategi yang dapat menunjang keunggulan perusahaan dalam persaingan berdasarkan pendapat Porter (1993). Adalah :
Kinerja Optimum.
Adaptif.
Continuous Improvement
Sistem Informasi Akuntansi yang Efektif dan Keberhasilan Implementasi Sistem.
Selanjutnya Porter (2001) menyebutkan, strategi bersaing bertujuan menegakkan posisi yang menguntungkan dan dapat dipertahankan terhadap kekuatan-kekuatan yang menentukan persaingan industri. Dua pertanyaan utama mendasari pilihan strategi bersaing. Yang pertama adalah daya tarik industri untuk kemampulabaan jangka panjang dan faktor-faktor yang menentukannya. Tidak semua industri menawarkan peluang yang sama untuk kemampulabaan yang terus menerus, dan kemampulabaan yang inheren dalam industrinya merupakan satu bahan esensial dalam menentukan kemampulabaan sebuah perusahaan. Pertanyaan utama kedua dalam strategi bersaing adalah penentuan posisi bersaing relatif di dalam suatu industri. Dalam kebanyakan industri, beberapa perusahaan jauh lebih kecil kemampulabaan nya daripada yang lain, lepas dari berapa besar kemampulabaan rata-rata industri bersangkutan (Papulova dan Papulova, 2006).
Daya tarik industri maupun posisi bersaing dapat dibentuk oleh perusahaan, inilah yang membuat pilihan strategi bersaing sangat menarik. Walaupun daya tarik industri sebagian merupakan refleksi dari faktor-faktor yang berpengaruh, strategi bersaing memiliki keluasan yang besar untuk membuat suatu industri lebih menarik atau sebaliknya. Pada saat yang sama, sebuah perusahaan dapat dengan jelas meningkatkan atau merusak posisinya didalam suatu industri melalui pemilihan strateginya. Oleh karena itu, strategi bersaing tidak hanya berespons terhadap lingkungan, tetapi juga berusaha membentuk lingkungan demi keuntungan perusahaan (Papulova dan Papulova, 2006).
Produk (barang dan jasa) yang dipersaingkan dalam berwirausaha
Beberapa keunggulan produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing adalah sebagai berikut :
Produk
Produk usaha bisnis yang dipersaingkan baik barang maupun jasa harus halal. Spesifikasinya harus sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen untuk menghindari penipuan, kualitas terjamin dan berdaya saing.
Harga
Bila ingin memenangkan persaingan, maka harga harus kompetitif. Dalam hal ini tidak diperkenankan membanting harga dengan tujuan menjatuhkan pesaing.
Tempat
Tempat harus baik, bersih, sehat dan nyaman agar dapat menarik pelanggan.
Pelayanan
Pelayanan harus diberikan dengan ramah, tapi tidak boleh dengan mendekati maksiat. Layanan diberikan kepada konsumen untuk sesuai akad yang telah disepakati.
Strategis pengembangan usaha
Untuk menangkap peluang-peluang ada strategi yang tepat meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Peningkatan akses kepada aset produktif, terutama modal, disamping juga teknologi, manajemen, dan segi-segi lainya yang penting.
2. Peningkatan akses pada pasar, yang meliputi suatu spektrum kegiatan yang luas, mulai dari pencadangan usaha, sampai pada informasi pasar, bantuan produksi, dan prasarana serta sarana pemasaran. Khususnya, bagi usaha kecil di perdesaan, prasarana ekonomi yang dasar dan akan sangat membantu adalah prasarana perhubungan.
3. Kewirausahaan, seperti yang telah dikemukakan di atas. Dalam hal ini pelatihan-pelatihan mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berusaha teramat penting. Namun, bersamaan dengan atau dalam pelatihan itu penting pula ditanamkan semangat wirausaha.
4. Kelembagaan. Kelembagaan ekonoini dalam arti luas adalah pasar. Maka memperkuat pasar adalah penting, tetapi hal itu harus disertai dengan pengendalian agar bekerjanya pasar tidak melenceng dan mengakibatkan melebarnya kesenjangan. Untuk itu diperlukan intervensi-intervensi yang tepat, yang tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah yang mendasar dalam suatu ekonoini bebas, tetapi tetap menjamin tercapainya pemerataan sosial.
5. Kemitraan usaha. Kemitraan usaha merupakan jalur yang penting dan strategis bagi
pengembangan usaha ekonomi rakyat. Kemitraan telah terbukti berhasil diterapkan di negara-negara lain dan menguntungkan pada perkembangan ekonomi dan industrialisasi mereka yang teramat cepat itu.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Strategi bersaing adalah mengembangkan rencana mengenai bagaimana bisnis akan bersaing, apa yang seharusnya menjadi tujuannya dan kebijakan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Definisi Competitive Marketing Strategy atau strategi bersaing adalah kombinasi antara akhir (tujuan) yang diperjuangkan oleh perusahaan dengan alat (kebijaksanaan) dan perusahaan berusaha sampai kesana.
Keunggulan daya saing dapat juga diperoleh dengan berbagai cara, antara lain dengan menawarkan produk atau jasa dengan harga minimum, menawarkan produk atau jasa dengan yang memiliki keunikan dibanding pesaingnya, atau memfokuskan diri pada segmen tertentu. Beberapa keunggulan produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing adalah sebagai berikut : Produk, Harga, Tempat, Pelayanan.
Saran
Tingginya tingkat persaingan yang ada harus dapat menjadi peluang bagi usaha kecil dankewirausahaan oleh karena itu para wirausaha tidak hanya berfokus pada strategi inovasi danmenjalin kemitraan seperti yang telah dibahas sebelumnya, tetapi strategi yang sangat penting juga yaitu memperhatikan perkembangan kinerjanya dan berupaya untuk meningkatkankinerja.
DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.walisongo.ac.id/4345/1/112411028.pdf Pada tanggal 10 April 2020
http://eprints.undip.ac.id/48945/1/Full_Paper_Idris-ok.pdf Pada tanggal 10 April 2020.
http://eprints.walisongo.ac.id/7227/3/BAB%20II.pdf Pada tanggal 10 April 2020.
http://makalahlaporanterbaru1.blogspot.com/2012/04/strategi-keunggulan-berwirausaha.html pada tanggal 10 April 2020
Comments
Post a Comment