Manfaat Filsafat

Nama : Safani Intan Rosania
Kelas : TBI A
NIM  : 18381032152

                                                             Manfaat Filsafat

Manfaat belajar filsafat itu adalah belajar filsafat secara mendalam akan membentuk kemandirian secara intelektual, membangun sikap toleran terhadap perbedaan sudutpandang, dan membebaskan dari jeratan dogmatisme. Filsafat dapat membentuk seorang pembelajar untuk berfikir kritis. Berfikir kritis berarti kita tidak menerima begitu saja suatu pendapat yang didasarkanpada otoritas, serta selalu mempertanyakan asumsi-asumsi yang terdapat dalam penjelasan atau alasan yang dikemukakan (membebaskan dari jeratan dogmatisme).
Inti filsafat adalah membentuk pemikiran, dan bukan sekedar mengisi kepala kita dengan fakta-fakta atau informasi-informasi. Berfilafat berarti menyusun dan mempertahankan keyakinan-keyakinan yang kita miliki dengan menggunakan argumentasi yang rasional. Filsafat membantu kita pada pemahaman (kemandirian secara intelektual), dan pemahaman itu dapat membawa kita untuk bertindak lebih layak (toleran terhadap perbedaan sudut pandang). Filsafat ilmu sebagai sarana pengujian penalaran ilmiah, sehingga orang menjadi kritis terhadap kegiatan ilmiah.

Filsafat ilmu merupakan usaha merefleksi, menguji, mengkritik asumsi dan metode keilmuan. Sebab kecenderungan kita menerapkan suatu metode ilmiah tanpa memerhatikan struktur ilmu pengetahuan itu sendiri. Satu sikap yang diperlukan di sini adalah menerapkan metode ilmiah yang sesuai dengan struktur ilmu pengetahuan bukan sebaliknya. Filsafat ilmu memberikan pendasaran logis terhadap  metode keilmuwan. Setiap metode ilmiah yang dikembangkan harus dapat dipertanggung jawabkan secara logis-rasional, agar dapat dipahami dan do pengunakan secara umum.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Strategi bersaing dalam berwirausaha

Makalah Al-'adat Al-Muhakkamah

Makalah PANDANGAN HIDUP , TANGGUNG JAWAB , DAN HARAPAN MANUSIA