Manajemen Pengembangan SDM dan Kesiswaan Berbasis Sekolah
Nama
:Safani Intan Rosania
Kelas
TBI A
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM DAN KESISWAAN BERBASIS SEKOLAH
A. Pengertian
Manajemen Pengembangan
Manajemen adalah senidan ilmu mengelola sumber daya pendidikan
untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien (Usman, 2019).
Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis,
konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan jabatan
melalui pendidikan dan latihan.
B. SDM
Kesiswaan Berbasis Sekolah
Setiap sekolah pasti mempunyai yang namanya sumber daya pendidikan
untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan[1]. Ada
bebarapa SDM yang ada di sekolah :
1.
Kepala sekolah,
memiliki peran yang sangat penting (pembuat kebijakan) dalam
peningkatan mutu pendidikan dengan memberikan bimbingan kepada guru dalam
memperbaiki mutu proses belajar mengajar.
2.
Guru, instrumen
penting sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas. Saat guru ingin mengajar
harus mempunyai yang namanya RPP (rencana proses pembelajaran), tujuannya agar
suasana pembelajaran peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memliki kekuatan spiriktual keagamaan penyadaran diri, kepribadian.
3.
Karyawan,
bertujuan agar mempunyai pendidikan yang bermutu.
4.
Wali murid /
santri, semakin baik ia berpendidikan semakin baik ia bermuta.
5.
Supervisor,
upaya peningkatan prestasi belajar untuk menjamin dan menjaga mutu.
6.
Dll ( tidak
termasuk)
Siswa juga termasuk pada bagian SDM, karena siswa yang memicu dalam
SDM tersebut.
C.
Prinsip Kesiswaan ada 4 Konsep :
1.
Siswa harus
diperlukan sebagai subjek bukan objek.
2.
Keadaan dan kondisi
sangat ditinjau dari kondisi fisik.
3.
Pada dasarnya
siswa hanya akan termotifikasi belajar jika mereka menyenangi apa yang
diajarkan.
4.
Pengembangan
potensi siswa tidak hanya mengakut tanah kognitif tetapi juga afektif dan
psikomotorik.
[1]Rusmandi
Hermawan, "Pengembangan Sumber Daya Sekolah” JurnalPendidikan Dasar,
(April, 2010) hlm., 1.
Comments
Post a Comment